Lhokseumawe — Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika desa informasi di Desa Punteut Kecamatan Blang Mangat, yang dipusatkan di auditorium Politeknik Negeri Lhokseumawe, Selasa (18/12).

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Dr Syukri Batubara MS, mengatakan pelaksanaan ini dilakukan agar pada tahun 2015 Indonesia menjadi “Indonesia kolektif ” yang tersambung dengan media internet dan telepon.

“Program ini dibuat dengan maksud agar semua wilayah desa di Indonesia menjadi desa informasi, desa dering dan internet masuk desa,” sebutnya.

Bantuan perangkat internet masuk desa dan fasilitas telepon umum akan terus dilanjutkan ke 120 kabupaten kota diseluruh Indonesia. Ada 5 Kabupaten kota yang mewakili 120 kabupaten kota itu, terdiri Kabupaten Boven digoel Propinsi Papua Barat, Kabupaten Raja Ampat, Kabupaten Atambua Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kabupaten Nunukan Kalimatan Timur dan Kota Lhokseumawe menwakili Provinsi Aceh.

Lanjut Syukri selain bantuan perangkat akses internet, dimasa mendatang Kominfo akan meningkatkan perangkat kendaraan bergerak berupa mobile link internet (Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan, MPLIK). Khusus provinsi Aceh Kominfo akan memberikan 102 unit kendaraan tersebut. (wartaaceh.com)