Banda Aceh, Seputar Aceh Hingga Sabtu (10/10), Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR-PMI) Unit 01 Universitas Syiah Kuala sudah mengalang dana Rp15 juta untuk korban gempa padang Sumatera Barat.

Dana tersebut dikumpulkan dari sumbangan warga Banda Aceh dan sekitarnya, yang dikumpulkan dengan cara berkeliling di jalanan dan dari toko ke toko.

Koordinator Bantuan Gempa Padang, M Anshar, mengatakan penggalangan dana tersebut dimulai sejak 2 Oktober. Sejumlah relawan diturunkan ke jalan-jalan protokol di Banda Aceh untuk menghimpun dana dari para pengguna jalan, seperti di Bundaran Simpang Lima, Simpang Surabaya dan Jambo Tape.

Dana yang diperoleh akan diserahkan kepada PMI di Padang, Sumatera Barat.

“Penggalanagan dana ini sebagai bentuk kepedulian Relawan KSR PMI Unit 01 Unsyiah terhadap saudara-saudara kita yang sedang tertimpa musibah gempa di Padang,” ujar Anshar.

Selain soal dana bantuan, ia mengatakan sejumlah relawan sudah menyatakan siap untuk diterjunkan ke lokasi bencana untuk membantu korban gempa. “Pengiriman relawan akan dilakukan jika ada permintaan,” katanya. [sa-rhs]