Banda Aceh, Seputar Aceh – Limapuluh pemuda dari Gampong Lampulo, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh dan Gampong Lampaseh Lhok, Kecamatan Montasik, Aceh Besar, dilatih mengolah ikan dan gula aren.

Dalam pelatihan itu, peserta diajarkan teknik mengolah ikan kayu (keumamah) dan gula aren menjadi produk kuliner yang siap dipasarkan.

Program kewirausahaan ini diselenggarakan Forum Komunikasi Sarjana Penggerak Pembangunan di Pedesaan (FK-SP3) Aceh dan didukung Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal Departemen Pendidikan Nasional serta Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga.

Ketua FK-SP3 Aceh, Musriadi Aswad, mengatakan pelatihan ini bisa memberikan motivasi kepada para pemuda untuk menjadi usahawan, sehingga mereka dapat meningkatkan taraf hidup dengan ketrampilan yang dimiliki.

“Pelatihan ini untuk memberdayakan para pemuda pemudi putus sekolah. Agar mereka bisa menghasilkan pendapatan sendiri,” kata Musriadi, Selasa (6/10).

Selain itu, pelatihan juga bertujuan memberi kesempatan kepada para pemuda pemudi meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan mengembakan potensi wirausaha sebagai bekal kemandirian. [sa-kha]

KOMENTAR