wikipedia-officeSITUS ensiklopedia dunia Wikipedia, yang merupakan situs referensi kerja terbesar di Internet telah mengakui bahwa sejumlah entri artikel mereka sedang dimanipulasi oleh spin doctors berbayar dan “sock puppets” dengan menggunakan identitas palsu untuk mengubah entri.

Dilansir dari Independent, Selasa (22/10) lalu, sebuah pernyataan panjang dari Wikimedia Foundation, organisasi amal yang mengawasi situs terbesar keenam di web tersebut mengungkapkan bahwa sekitar 250 “sock puppets” telah diblokir atau dilarang setelah ditemukannya “editing non-netral” dari halaman Wikipedia.

Wikipedia, yang telah berkembang menjadi lebih dari 30 milyar artikel –dengan lebih dari 4 milyar dalam edisi bahasa Inggris— sejak didirikan pada tahun 2001, menggunakan tim sekitar 250.000 editor sukarela untuk melindungi keaslian isinya.

Namun dalam pernyataan, Sue Gardner, Direktur Eksekutif Wikimedia Foundation, mengakui bahwa ia telah menjadi korban dari kegiatan bersama dalam memalsukan halaman untuk motif komersial dan lainnya.

“Sepertinya beberapa akun pengguna sebanyak beberapa ratus mungkin telah dibayar untuk menulis artikel di Wikipedia untuk mempromosikan suatu organisasi atau produk,” katanya.

Gardner juga menyebutkan bawah berbagai pelanggaran kebijakan dan pedoman situs telah terjadi. “Akun-akun pengguna juga telah melanggar berbagai kebijakan dan pedoman situs, termasuk larangan terhadap “sock puppets” mengenai konflik aturan dan kepentingan yang dirahasiakan,” sebutnya.

Wikipedia yang ditujukan sebagai referensi untuk netral, akibat peristiwa ini telah berakibat serius. “Tujuan kami adalah untuk memberikan informasi yang netral, yang dapat dipercaya untuk pembaca kami, dan apa pun yang mengancam itu adalah masalah serius,” akui Gardner.

“Dibayar editing oleh advokasi adalah melanggar prinsip-prinsip inti yang telah membuat Wikipedia sangat berharga bagi banyak orang,” tutup Gardner.[]

KOMENTAR