Banda Aceh – Salah satu lembaga yang bergerak dalam bidang seni budaya, Seulanga akan menurunkan dua sanggar seni di acara Piasan Seni Banda Aceh 2012.

Seulanga juga merupakan wadah bagi masyarakat serta bagi pelaku dan pekerja seni masih dalam mempertahankan eksistensi melalui pengkajian, pengembangan kemandirian dalam hal seni budaya.

Dalam acara Piasan Seni kali ini, Seulanga akan menurunkan 2 sanggar untuk memeriahkan Panggung Hiburan Seni, yakni Sanggar Rampoe dan Sanggar Buana.

Sementara itu, Koordinator Sanggar Rampoe, Zulkifli menyebutkan persiapan tim sanggar nanti akan membawakan tari garapan baru, dengan melibatkan 10 personil.

“Kita akan perform tanggal 2 Desember, kita bawakan tari garapan baru, yaitu ‘Seunoh Keujehoem’ yang nantinya dibawakan oleh 6 penari dan 4 pemusik,” jelasnya, Selasa (27/11).

Selain itu Zulkifli juga menambahkan, penari juga tidak akan menggunakan warna-warna cerah terang seperti umumnya, Namun tetap tidak meninggalkan ciri khas Aceh.

“Untuk kostum kali ini memang sedikit beda, walaupun tidak dengan warna cerah tapi dari warna yang akan kita pakai nanti akan tersirat sebuah pesan kegalauan namun dibalut dengan semangat,” terangnya.

Ditanya mengenai acara Piasan Seni, Zulkifli menyebutkan perhelatan yang dimulai sejak hari ini bisa dipertahankan dan permanen sampai kedepannya.

“Sangat bagus, saya berharap ini menjadi event yang permanen serta berlangsung tiap tahunnya. Bahkan seharusnya dibuat kalender event agar lebih teratur jadwalnya”, tuturnya.[]

KOMENTAR