MELAKUKAN kegiatan aktif selama 30 menit setiap harinya dapat membantu mengurangi risiko kanker rahim hampir 50% nya, menurut sebuah penelitian.

Anda hanya membutuhkan waktu setiap 38 menit setiap harinya, dikombinasikan dengan mempertahankan berat badan yang sehat bisa membantu mencegah 44% kasus-kasus baru tentang kesehatan di Inggris.

Proyek The World Cancer Research Fund’s Continuous Update yang menemukan bukti kuat bahwa sekitar 3.700 kasus dapat dicegah setiap tahun.

Hanya 56% perempuan Inggris yang aktif setidaknya selama 30 menit sehari, lima hari seminggu, dan hanya 39% yeng memiliki berat badan sehat.

Kanker rahim kebanyakan mempengaruhi wanita berusia di atas 60 tahun. Yang paling umum adalah endometrium, mempengaruhi lapisan rahim, nomor empat yang paling umum dari semua kanker yang mempengaruhi perempuan di Inggris.

Dokter Elisa Bandera, anggota panel CUP dan Associate Professor Epidemiologi di Rutgers Cancer Institute di Amerika Serikat, mengatakan : “Kanker endometrium merupakan salah satu kanker yang paling umum di kalangan wanita, tetapi sebagian besar kasus dapat dicegah setiap tahun dengan mempertahankan berat badan yang sehat dan aktif secara fisik.”

Sesama anggota panel CUP Profesor Hilary Powers, dari Universitas Sheffield, mengatakan : “Ini bukan hanya individu yang bisa membuat perubahan untuk mengurangi risiko kanker. Pemerintah dan organisasi lain dapat melakukan banyak hal untuk membuat gaya hidup sehat menjadi pilihan mudah bagi kita semua.”

Para peneliti di Imperial College London meninjau semua penelitian ilmiah yang tersedia pada kanker rahim, diet, aktivitas fisik dan berat badan dalam review global pertama sejak 2007.

Sebuah panel pakar internasional menilai bukti dan ilmuwan di WCRF memperkirakan bahwa sekitar 44% dari kasus Inggris dapat dicegah melalui aktivitas fisik dan berat badan.

Para ilmuwan percaya ada beberapa alasan hubungan antara lemak tubuh dan kanker, seperti sel-sel lemak melepaskan hormon yang dapat meningkatkan risiko beberapa jenis kanker. Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu untuk menjaga kadar hormon sehat serta memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menjaga sistem pencernaan yang sehat.

Penelitian ini juga mengungkapkan bukti bahwa minum kopi dapat mengurangi risiko kanker rahim, tapi tidak cukup untuk merekomendasikan hal ini sebagai perlindungan yang tepat. (dailymail)

KOMENTAR