BEBERAPA pemandangan indah pulau Galapagos, Ekuador, sekarang dapat dieksplorasi secara online melalui tampilan Google Street View.

Peluncuran layanan ini menandai peringatan ulang tahun ke-178 kunjungan ilmuwan Inggris Charles Darwin ke pulau tersebut yang kemudian menginspirasi teorinya tentang seleksi alam.

Gambar 360 derajat dengan resolusi tinggi ini adalah proyek bersama antara Google, Taman Nasional Galapagos dan Yayasan Darwin.

Foto-foto itu diambil dengan kamera ransel khusus selama 10 hari pada bulan Mei.

Aneka jenis satwa dilihat Darwin dalam kunjungannya pada tahun 1835 yang sampai kini masih tertangkap kamera yang dibawa staf Google.

Kru kamera menyelam bersama dengan singa laut, berjalan kaki di gunung berapi terbesar pulau-pulau itu dan merekam makanan kura-kura raksasa yang terkenal.

Pemirsa juga dapat melihat satwa liar pulau Galapagos yang kurang terkenal, termasuk iguana laut, burung boobiesberkaki biru dan burung Cikalang yang bersayap lebar.

Seperti dalam proyek View Street lainnya, Anda dapat bergerak di sekitar gambar dan memperbesar atau memperkecil gambar.

“Sejarah alamiah dari kepulauan ini sangat luar biasa tampaknya menjadi dunia kecil dalam dirinya sendiri,” kata Darwin setelah mengunjungi pulau-pulau.

Kepulauan Galapagos kini tersedia untuk dijelajahi lewat Street View samping tempat terpencil lainnya, seperti Maladewa di Samudra Hindia, dan Grand Canyon di Amerika Serikat. (why/Reuters)

KOMENTAR