Bangka Belitung — Pangkalpinang merupakan tempat yang kaya akan keindahan alamnya, dan terkenal pula sebagai penghasil timah terbesar.

Sebagai penghasil timah terbesar di dunia, Pulau Bangka memiliki satu-satunya museum Timah di Indonesia.

Tak hanya itu, di sana juga terdapat museum bersejarah yang menjadi ciri khas dari daerah tersebut.

Museum Teknologi Pertimahan atau lebih dikenal dengan Museum Timah Indonesia, yang berada di Pangkalpinang, tercatat sebagai satu-satunya di Asia.

Museum ini terletak di jalan Ahmad Yani, dekat dengan alun-alun Taman Merdeka Kota pangkalpinang. Di tempat ini dapat dilihat sejarah penemuan timah di Pulau Bangka. Museum ini menempati gedung tempat Ir. Soekarno dan Haji Agus Salim tinggal pada saat negosiasu antara Belanda dan UNCI di tahun 1949. Pada 2 Agusrus 1997, bagunan tersebut difungsikan sebagai Museum Timah Indonesia.

Museum ini terlah berdiri sejak 1958, ketika ditemukan berbagai peralatan tambang timah tradisional yang pernah digunakan. Walaupun begitu, museum ini baru benar-benar diresmikan dan dibuka untuk umum pada 2 Agustus 1997.

Museum ini memamerkan berbagai peralatan yang digunakan untuk melakukan pertambangan timah. Museum inipun memuat perjalanan pertambangan timah dari zaman Belanda hingga perkembangannya saat ini.

Museum Timah buka setiap Senin hingga Jumat, pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Sedangkan pada Minggu, museum buka sejak pukul 09.00 hingga 14.30 WIB. Untuk masuk ke museum ini, para pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis.

Museum Timah Indonesia begitu memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi. Maka tak heran jika wisatawan kerap mengunjungi museum ini untuk berwisata sejarah sekaligus wisata edukasi. (bd)

KOMENTAR