ANDA jarang minum air karena sibuk? Hati-hati Anda dapat terkena sakit ginjal! Jangan salah, ginjal merupakan organ penting dalam tubuh kita yang dijaga. Karena, sekali Anda terkena penyakit ginjal, bahayanya akan berakibat ke seluruh tubuh. Selain itu, bila fungsi ginjal sudah menurun tidak akan bisa kembali normal

Pada peringatan hari ginjal sedunia pada Rabu (6/3) yang diadakan Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI), ditekankan pentingnya menjaga kesehatan ginjal. Fungsi ginjal selain sebagai filter tubuh, ginjal juga berfungsi untuk mempertahankan komposisi cairan tubuh dan membantu produksi sel darah merah.

Ketua PERNEFRI, dr Dharmeizar mengatakan pada umumnya penyakit ginjal tidak terdeteksi, karena gejalanya seperti gejala penyakit ringan pada umumnya. “Gampang lelah, mual, nafsu makan hilang dan berkurangnya rasa ingin buang air kecil yang biasanya terjadi,” ujarnya.

Semakin parah kondisi ginjalnya, resikonya pun makin tinggi, seperti menimbulkan penyakit jantung dan stroke. Dehidrasi dan diabetes pun dapat menjadi gejala awal kerusakan ginjal. Saat ini, berdasarkan data dari PT Askes menyebutkan setiap tahun penderita penyakit ginjal bertambah sebanyak 7.200 jiwa, dan yang membutuhkan terapi pengganti ginjal sebanyak 96 ribu jiwa. Ia juga menekankan pentingnya menjaga kesehatan ginjal karena fungsi ginjal hanya dapat terus menurun, tidak dapat kembali normal bila sudah terkena penyakit. “Pengobatan hanya bisa menahan berkurangnya fungsi ginjal, karena itu sebaiknya dijaga dari awal,” terang Dharmeizar.

Cara menjaga kesehatan ginjal, menurut dr Parlindungan Siregar yang merupakan narasumber di seminar tersebut, dapat dilakukan dengan cara yang mudah. “Pencegahan lebih penting dari pengobatan,” tegasnya.

Untuk pengobatan ginjal memerlukan biaya yang mahal, dan bila sudah terkena penyakit ginjal kronis harus melalukan cuci darah. Biaya cuci darah bisa menghabiskan 50 juta hingga 80 juta pertahun, seumur hidup.

Sedangkan, pencegahannya dapat dilakukan dengan mudah. “Minum air yang cukup, olahraga teratur dan pola hidup yang sehat merupakan hal yang wajib dilakukan bila Anda mau menjaga ginjal tetap sehat,” kata Parlindungan. Minum air sebanyak dua liter perhari misalnya, selain menjaga tubuh dari dehidrasi dan penyakit ginjal, dapat mencegah batu ginjal dan infeksi saluran kemih. (rol)

KOMENTAR