Banda Aceh – Sepuluh finalis Miss Kopi Aceh akan bersaing untuk memperebutkan satu tiket mewakili daerah itu ke tingkat nasional. Tahun lalu, Miss Kopi Aceh mampu tembus tiga besar nasional.

Ketua panitia gelaran, Aceh Salman Varisi, di Banda Aceh, Kamis mengatakan, rencananya final puncak akan dilaksanakan Sabtu malam (19/5), di Gedung Museum Tsunami, dan yang terbaik akan dikirimkan ke Jakarta mewakili Aceh.

Dikatakan, pada malam final puncak itu, para Miss Kopi itu akan diuji kemampuannya tentang pengetahuan kopi Aceh. Sebelum tahap itu, mereka diberi pemahamann tentang kopi, tata rias, dan seni koreografi panggung.

“Mereka akan diberikan pembekalan tentang kopi di Rumoh Aceh Kopi Luwak hari ini,” kata Salman Varisi. Pada 2011, Miss Kopi Aceh berhasil meraih posisi tiga besar, yaitu Khairun Nisa.

Aceh salah satu pengekspor kopi arabika terbesar di Tanah Air, terbanyak adal Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah. Amerika Serikat dan Eropa jadi pasar utama.

Selain daerah pengeskpor, masyarakat Aceh juga merupakan peminum kopi terbesar. Hampir di pelosok daerah di Aceh terdapat warung kopi, bahkan di kota-kota besar, bisnis kafe yang menyediakan kopi cukup besar. (ant)

KOMENTAR