Bulan Ramadhan akan hadir dalam hitungan hari. Untuk Anda umat muslim yang memiliki smartphone Android, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa aplikasi berikut agar Ramadhan tahun ini terasa lebih bermakna.

1. Ramadan 2012

Aplikasi yang dikembangkan oleh Boukhatem.com dan Rechdi.com ini ditujukan bagi umat Islam di manapun mereka berada. Fungsinya adalah sebagai kalender digital yang dilengkapi informasi seputar waktu imsak dan waktu beribadah.

Ramadan 2012 diklaim bisa digunakan di lebih dari 251 negara dan 6 juta kota, sehingga sangat cocok bagi Anda yang gemar bepergian. Tak hanya itu, Anda juga dapat mengaktifkan notifikasi atau alarm sebagai waktu pengingat selama beribadah.

2. iQuran

Ini merupakan salah satu aplikasi Islami terpopuler di Google Play. Jumlah unduhannya telah mencapai di kisaran 1 hingga 5 juta dengan rating 4,8.

Aplikasi ini berguna untuk Anda yang ingin membaca Al-Qur’an dalam huruf Arab di perangkat Android. Tak hanya itu, iQuran juga menyediakan terjemahan setiap ayat dalam bahasa Inggris.

iQuran dapat diunduh tanpa dipungut biaya alias gratis. Untuk versi berbayar, aplikasi besutan Guided Ways Technologies ini menawarkan diskon 50 persen selama bulan Ramadhan tahun 2012.

3. Doa Harian

Doa Harian adalah salah satu aplikasi Islami buatan lokal yang mendapatkan respon cukup positif dari penggunanya. Fungsinya adalah sebagai kumpulan doa sehari-hari dalam huruf Arab dan Latin.

Aplikasi gratis yang digarap oleh OneBitMobile (developer asal Yogyakarta) ini juga menyediakan terjemahan dari setiap doa ke dalam bahasa Indonesia.

4. Muslim Pro-Azan, Quran, Qibla

Fungsinya hampir mirip dengan Ramadan 2012. Hanya saja aplikasi ini juga dilengkapi dengan penunjuk arah kiblat. Selain itu, Anda juga bisa membaca berbagai ayat Al-Qur’an yang tersedia dalam huruf Arab dan Latin beserta terjemahan bahasa Inggris.

Aplikasi gratis ini cukup populer di Google Play dengan jumlah unduhan yang nyaris setara dengan iQuran.

5. Kalkulator Zakat

Satu lagi aplikasi menarik dari developer lokal OneBitMobile. Kalkulator Zakat memang tergolong masih baru. Jumlah unduhannya pun baru di kisaran seribu hingga 5 ribu. Namun, aplikasi ini cukup berguna untuk menghitung berapa zakat yang dikeluarkan terkait harta, profesi, dan usaha Anda. (Ghiboo.com)

KOMENTAR