Los Angeles — Penulis naskah film peraih Oscar Aaron Sorkin menyampaikan rencananya untuk mengubah naskah yang film mengenai Steve Jobs, dengan cara penulisan narasi yang tidak lazim.

Sorkin mengatakan dia bermaksud untuk menulis hanya tiga bagian dalam film itu, dia mengatakan setiap bagian berdurasi setengah jam.

Salah seorang penemu Apple ini meninggal pada 5 Oktober 2011. Dua hari kemudian Sony Pictures telah membeli hak cipta biografinya sebelum diterbitkan. Situs film Deadline – yang membocorkan berita itu – menyebutkan pembelian hak cipta itu menghabiskan dana antara US$1 juta sampai US$3 juta dollar.

Sebelumnya, Sorkin menulis naskah untuk film The Social Network – yang merupakan adaptasi perjalanan hidup dari penemu Facebook Mark Zuckerberg – yang membuat dia merupakan pilihan yang tepat bagi proyek tersebut.

Meskipun film ini berdasarkan pada buku yang ditulis oleh Walter Isaacson, Sorkin memilih untuk melakukan pendekatan berdasarkan risetnya sendiri.

“Saya bertemu dengan semua orang yang terlibat dalam kehidupan Steve, dari (penemu Apple lainnya) Wozniak dan setiap orang yang berada di sekitar Macintosh,” kata Sorkin dalam sebuah video yang dipublikasikan secara online oleh situs berita The Daily Beast.

Jadi saya telah bertemu dengan orang-orang yang selama ini memuja dia meskipun faktanya dia telah membuat mereka semua menangis pada satu poin atau poin yang lain, tetapi doa telah membuat mereka lebih dari melakukan sesuatu dibandingkan sebelumnya.”

Sorkin menambahkan bahwa rencananya akan fokus pada sebelum peluncuran komputer Macintosh; dan masa selama Jobs berada di Next Computer .

Dia mengatakan dia tidak berencana untuk “memotong waktu”, memilih untuk tidak memisahkan waktu persiapan peluncuran ke kilas balik peristiwa yang lain.

Bagaimanapun, dia memberikan sinyal akan ada elemen lanjutan dalam akhir film: sebuah versi iklan televisi pertama Apple Think Different.

Berpikir berbeda

Pendekatan Sorkin sangat berbeda dari biografi yang dibeli oleh Sony, yang memberikan gambaran secara luas mengenai kehidupan Jobs dan tidak memberikan perhatian kepada menit-menit peluncuran produk.

Film yang akan dibintangi oleh Ashton Kuchter juga akan dibuat oleh studion independen.

Asisten Editor dalam majalah Empire Ian Freer, mengatakan dia tertarik dengan pendekatan Sorkin. “Itu akan membuat proporsi yang menarik,” kata dia kepada BBC.

“Itu akan sangat mudah hanya mengambil bagian hidupnya, tetapi kelihatanya sangat menantang, seperti pendekatan sebuah novel.”

Sementara itu mengenai munculnya Bill Gates dalam film itu, belum ada yang dapat memastikan. (BBC Indonesia)

KOMENTAR