Jantho, Seputar Aceh – Saat ini Kabupaten Aceh Besar masih kekurangan tenaga medis, khususnya medis spesialis. “Saat ini jumlah dokter spesialis di RSU Jantho dan tenaga kesehatan di beberapa unit pelayanan sangat minim,” sebut Kadiskes Kabupaten Aceh Besar, Hamdani Oesman, Rabu (18/11).

Kekurangan dokter spesialis di RSU Jantho dan sejumlah Puskesmas tersebut dikatakan Hamdani disebabkan sejumlah tenaga medis yang telah ditempatkan di kabupaten Aceh Besar sedang mengikuti studi spesialis  di dearah lain.

Aceh Besar kata dia, saat ini kekurangan tenaga apoteker, analis Gizi dan dokter gigi. Sementara untuk RSU Jantho, semua spesialis belum dimiliki. Untuk mengantisipasi itu, Hamdani menyebutkan, pihaknya melakukan kerja sama dengan Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA) Banda Aceh.

”Untuk menutupi kekurangan di Puskesmas, kami melakukan pendataan ulang terhadap penempatan tenaga kesehatan. Jika ada penumpukan di satu tempat, maka akan dialihkan ke unit pelayanan yang masih kurang tenaga kesehatannya. Itu dilakukan agar lebih proposional,” kata Hamdani.

“Paling lama empat hingga lima tahun mendatang. Setelah tenaga dokter yang sedang mengikuti pendidikan spesialis selesai menempuh studinya permasalahan ini akan teratasi.” [sa-ria]

KOMENTAR