PNS (foto viva.co.id)MENTERI PAN-RB Azwar Abubakar mengemukakan untuk tahun ini total kursi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang disediakan dalam seleksi penerimaan bulan September ini mencapai 60 ribu, terdiri atas 20 ribu kursi untuk instansi pusat dan 40 ribu untuk instansi daerah. Jumlah ini dirasa masih kurang, namun permintaan tambahan 5 ribu kursi CPNS yang diajukan ke Kementerian Keuangan (Kemenkeu) belum mendapatkan jawaban tertulis.

“Sebagian tambahan alokasi CPNS baru itu untuk Kemenkeu. Mereka bilang kekurangan tenaga urusan pajak. Sebab, Kemenkeu berjanji menggenjot penerimaan pajak,” katanya, Kamis (18/7) lalu.

Menurut Azwar Abubakar, pengajuan tambahan kuota masih dimungkinkan asalkan tidak berpengaruh pada anggaran belanja pegawai secara nasional. Ia mencontohkan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang meminta tambahan kuota sekitar 9000 pegawai, namun yang disetujui baru 5000.

Azwar mengatakan, saat ini kuota 40 ribu untuk daerah juga masih banyak yang kosong. “Kalau kuota pusat ditambah 5000 sehingga menjadi 25 ribu, saya rasa masih sehatlah keuangan negara,” ujarnya.

Dalam Rakornas 18 Juli, KemenPAN-RB telah memberikan formasi CPNS kepada 315 instansi pusat dan daerah. Dari 315 instansi itu, 68 di antaranya adalah instansi pusat baik kementerian maupun lembaga (K/L). Sedangkan sisanya terdiri dari 227 kabupaten/kota dan 20 provinsi.[]

KOMENTAR