Jakarta — Pengembang aplikasi lokal, PT Pesona Edukasi (PesonaEdu), telah mengekspor produk software edukasi ke sejumlah negara ASEAN dan Eropa. Sebanyak 10.500 sekolah di Tanah Air dan 2.500 sekolah di luar negeri telah menggunakan software pendidikan hasil karya PesonaEdu.

“Software pendidikan yang kami hasilkan sesuai dengan kurikulum pendidikan yang diberlakukan oleh Kemendiknas dan memiliki kualitas internasional,” jelas Bambang Juwono, Founder and Managing Director PT Pesona Edukasi Group dalam kegiatan PECP 2012 di Gedung Aula D Kemendiknas, Jakarta, kemarin (24/11).

“Sampai saat ini ada 30 negara yang telah menggunakan produk kami. Belanda adalah negara yang paling banyak mengekspor dan memakai produk kami, yakni ada sekitar 1.900 sekolah di Belanda,” tambah dia.

Menurut Bambang, aplikasi PesonaEdu memiliki banyak manfaat bagi pendidikan dimana para siswa mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA bisa menemukan kegembiraan dalam belajar serta memberi kesempatan siswa menggali serta menyelidiki pokok bahasan lewat media interaktif sehingga lebih mudah dipahami.

“Indonesia as a centre of excellence for world education software” merupakan visi yang diwujudkan oleh PesonaEdu dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di Indonesia,” tambah dia.

Dalam proses pencapaian visi tersebut, lanjut dia, pihak PesonaEdu menjalin kerjasama dengan sejumlah pihak lain yang terlibat dalam dunia ICT (Information and Communication Technology) untuk pendidikan, dengan bersama-sama mengembangkan software pendidikan sebagai alat bantu pembelajaran yang memiliki standar internasional.

Sepanjang tahun 2012 ini, PesonaEdu bekerjasama dengan Indosat dan Ikatan Guru Indonesia (IGI) melaksanakan Seminar dan Talkshow sebagai bagian dari rangkaian kegiatan PesonaEdu Challenge and Partnership (PECP) 2012, dengan mengusung Tema: The Future OF E-Learning, Building Solutions in ICT for Education.

“Kegiatan PECP 2012 diselenggarakan dalam berbagai bentuk, antara lain lomba guru mengajar tingkat nasional, seminar dan talkshow serta PesonaEdu Science Festival, yang melibatkan ribuan sekolah, guru, siswa dan orangtua di seluruh Indonesia,” tambah Bambang.

Rangkaian kegiatan PECP 2012 yang diselenggarakan lewat kerjasama PesonaEdu dengan Indosat serta didukung oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) ini, diikuti oleh total peserta sebanyak 5000 orang guru dari 20 Provinsi di seluruh Indonesia, dan diadakan di 7 kota besar yaitu, Denpasar, Bandung, Yogyakarta, Makassar, Medan, Surabaya dan Jakarta. (*/beritasatu.com)

KOMENTAR