Balikpapan — Kemudahan visa atau izin memasuki dan tinggal di Amerika Serikat diberikan bagi warga negara Indonesia yang ingin sekolah atau kuliah di Amerika.

Kedutaan Besar Amerika Serikat menyatakan keistimewaan tersebut.

“Itu program kami dalam mendukung pendidikan di Indonesia,” kata Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat untuk Indonesia, Scot Marciel, di Balikpapan, Selasa (12/2).

Bagi mereka, sebut Dubes Marciel, meski tetap dikenakan syarat yang sama dengan pemohon biasa, tapi mendapat perhatian khusus.

“Jadi kemungkinan disetujui dan diberikan lebih besar,” kata duta besar yang lulusan University of California at Davis dan Fletcher School of Law and Diplomacy itu sembari tersenyum.

Selain memudahkan mendapat visa, Kedutaan Besar AS juga mendorong kampus-kampus perguruan tinggi di negeri Paman Sam untuk menawarkan program pendidikan mereka kepada para pemuda dan orangtua di Indonesia.

“Sebab sebagian besar beasiswa datang dari kampus juga, sebagai bagian dari program pendidikan tersebut,” sebut Dubes Marciel.

Dalam beberapa tahun terakhir yang gencar berpromosi ke Balikpapan dan Kalimantan Timur adalah Malaysia. Negeri jiran itu kerap kali menyelenggarakan pameran tentang sarana hingga kualitas lulusan dari sekolah dan perguruan tinggi mereka.

Dubes Marciel sendiri berkunjung ke Balikpapan untuk menjajaki kerja sama pendidikan dengan Balikpapan, khususnya dalam bidang pendidikan kejuruan (vocational school).

Sebelumnya Balikpapan memang dikenal sebagai kota vokasi, atau kota yang memberi prioritas bagi pendidikan vokasional atau pendidikan kejuruan. (ant)

KOMENTAR