APA jadinya jejaring sosial Twitter yang menyediakan 140 karakter untuk tweet jika memberlakukan pemangkasan karakter yang berisi link situs (short url) sampai 118 karakter atau 117 karakter bagi pengguna dengan “https”.

Dikutip dari PCMag, Kamis (6/12) menyebutkan Twitter telah mengeluarkan aba-aba terkait peraturan barunya tersebut yang akan memangkas batas karakter tweet yang mengandung link.

Lebih lanjut, pihak Twitter akan memberlakukan pemangkasan tweet ini mulai 6-20 Februari 2013 mendatang.

“Tweet dengan link “http” akan dikurangi jumlah karakternya sampai 118. Sedangkan untuk link dengan awalan “https” yang merujuk pada situs dengan keamanan tinggi, jumlah karakternya dibatasi sampai 117,” jelas Jason Costa, salah satu pengembang Twitter.

Peraturan baru Twitter ini tentu akan berpengaruh pada pengguna yang selama ini sering berbagi link, terutama bagi sebagian besar akun resmi media yang menyematkan link berita.

Tidak ada penjelasan jelas mengapa Twitter memberlakukan peraturan ini, namun diduga kuat untuk menambah karakter dalam link khusus yang dipakai untuk menyingkat alamat situs.

Costa juga menuliskan, langkah tersebut diambil Twitter untuk melakukan penambahan khusus pada karakter untuk menyingkat alamat situs. Nantinya jika Anda memasukkan link secara otomatis akan disingkat menjadi “t.co/” yang selanjutnya Twitter akan menambahkan karakter di belakang “t.co/” menjadi 10 karakter.[]

KOMENTAR