Nevada — Negara bagian Nevada bahkan telah memberikan izin untuk mobil jenis ini melenggang bebas di jalanan umum. Setelah Google, kini Audi yang diberi izin.

Audi pun menjadi pihak kedua yang mendapatkan lisensi untuk membawa jalan mobil auto-pilot alias tanpa pengemudi mereka di jalanan umum Nevada, Amerika Serikat.

Teknologi yang diperlihatkan Audi di ajang itu tidak hanya mampu berjalan otonom tanpa dikendalikan manusia, tapi juga termasuk kemampuan agar mobil dapat mencari tempat parkir sendiri dan kemudian memarkir dirinya sendiri tanpa perlu ada manusia di balik kemudi.

Teknologi yang akrab ditemui di pesawat tersebut menurut Audi sudah mereka kembangkan pada 2010 di jalur legendaris Pikes Peak Hill Climb di Colorado yang menantang. 156 tikungan di jalur menanjak mampu dilibasnya hanya dalam 27 menit.

Audi terus mengembangkan mobil ini bersama Volkswagen Group Electronics Research Lab di lembah Silikon dan Stanford University.

Mobil otonom seperti ini diramalkan akan mengurangi jumlah kecelakaan di dunia. Dan negara bagian Nevada di Amerika adalah wilayah pertama yang secara resmi mengizinkan mobil seperti ini. (wartanews.com)

KOMENTAR