Sydney, Seputar Aceh, AFP – Pemerintah Australia menolak proyek bendungan raksasa di Queensland demi menyelamatkan habitat beberapa jenis ikan dan kura-kura langka di perairan negara itu, meskipun proyek besar itu dibutuhkan untuk menjamin ketersediaan air bagi penduduk.

Menteri Lingkungan Hidup Australia, Peter Garrett, mengatakan proyek Bendungan Traveston senilai 1,7 miliar dolar AS di Queensland bisa mengancam keselamatan ikan Lungfish, ikan kod dan kura-kura jenis khusus Mary River.

Lungfish Australia merupakan penyintas tunggal dari satu spesies ikan yang telah ada di sana sejak zaman dinosaurus. Ikan ini memiliki sirip yang serupa dengan sirip lumba-lumba.

“Jelas bahwa bendungan Traveston tak dapat dilanjutkan. Spesies ikan dan kura-kura itu sangat penting untuk diselamatkan, untuk kepentingan nasional,” ujar Garret kepada wartawan.

Perdana Menteri Negara Bagian Queensland, Anna Bligh, mengatakan pihaknya mendorong pembangunan bendungan itu karena proyek tersebut sangat penting, terutama pagi para penduduk di wilayah tenggara yang jumlah terus bertambah.

Queensland merupakan wilayah dengan pertumbuhan penduduk paling cepat di Australia. Penduduk di sana mulai merasakan krisis air. [sa-afp-ant]

KOMENTAR