Danau Lut Tawar

SEBUAH objek wisata danau bernama unik, Danau Laut Tawar atau sering disebut juga Danau Lut Tawar, menjadi destinasi yang harus dikunjungi sebelum Anda beranjak dari Kota Serambi Mekkah.

Dua buah bukit yang mengapit danau menambah keindahan panoramanya. Tak heran Danau Laut Tawar menjadi satu objek wisata alam andalan Aceh.

Penamaan Danau Laut Tawar dikarenakan luasnya danau seperti laut, namun airnya tidak asin atau tawar. Banyak flora dan fauna yang berkembang di perairannya dan satu yang paling popular adalah spesies ikan depik.

Sambil menikmati keindahan danau, pengunjung juga bisa menyaksikan masyarakat sekitar danau yang bercocok tanam dan memancing. Udara di sekitar danau cukup sejuk dengan suhu udara sekitar 20 derajat celcius.

Di kawasan danau ada pula Goa Puteri Pukes yang sayang bila terlewatkan. Anda bisa menggunakan kapal motor yang biasanya digunakan untuk membawa penumpang berkeliling Danau Laut Tawar.

Keberadaan danau juga menjadi sumber air yang dimanfaatkan masyarakat di beberapa kabupaten Aceh. Bila ingin menikmati keindahan danau lebih lama terdapat beberapa bungalow yang bangunannya menjorok ke danau.

Danau tersebut terletak di timur Kota Takengon, Kecamatan Lut Tawar, terpatnya di dataran tinggi Gayo, sekitar 1.250m di atas permukaan laut.

Bila menuju Takengon akan lebih mudah melalui Kota Bireuen. Anda bisa naik angkutan seperti bus mini L-300 khusus menuju Takengon yang mangkal di sebuah terminal. Durasi perjalanan sekitar 5 jam, jangan lupa baca juga pesona khas Aceh Tengah(*/mediaindonesia)

KOMENTAR