Amerika Serikat – Warga Amerika Serikat terus beralih dari mesin pencari Yahoo ke Bing, kecenderungan itu dimulai sejak pertengahan tahun 2009 setelah ke dua perusahaan itu menandatangani kesepakatan mengenai mesin pencari.

Pasar mesin pencari Yahoo di AS turun menjadi 17 persen pada Januari dari sebelumnya 17,3 persen pada Desember, sedangkan Microsoft meningkat dari 10,7 persen ke 11,3 persen, kata ComScore pada Kamis lalu.

Pada April, menjelang peluncuran Bing dan penandatanganan kesepakatan tersebut, pangsa pasar Yahoo mencapai 20,4 persen, sedangkan Microsoft masih berada di 8,2 persen.

Google masih menjadi pemain dominan dengan 65,4 persen pada Januari, turun sebesar 0,3 persen dari Desember tetapi meningkat dibanding April yang mencapai 64,2 persen.

Setelah mengumumkan kesepakatan pada Juli 2009, kedua pihak menekankan perlu menggabungkan sisi teknologi maupun penjualan dalam rangka menghadirkan mesin pencari yang lebih ampuh dibandingkan Google.

Namun, yang terjadi sementara ini ternyata mesin pencari Bing merusak popularitas pencarian Yahoo sedangkan Google terus menanjak naik dengan perolehannya.

Keterpurukan mesin pencari Yahoo adalah kabar buruk untuk pendapatan iklan perusahaan dan kesepakatan dengan Microsoft tak kunjung terwujud karena belum ada izin dari pemerintah.(ant)

KOMENTAR