London, Antara-AFP – Edisi pertama buku karya Charles Darwin “On the Origin of Species” akan dijual pekan ini, setelah buku itu ditemukan di toliet sebuah keluarga di Inggris selatan.

Buku itu, yang pertama kali dicetak pada 1859, dibeli oleh satu keluarga dengan harga hanya beberapa shilling di satu toko sekitar 40 tahun lalu. Keluarga tersebut sejak itu menyimpan buku tersebut di kotak buku di loteng rumah mereka di Oxford. Demikian diumumkan rumah lelang Christie`s.

Buku itu akan dilelang pada Selasa dan diperkirakan akan meraih harga 60.000 poundsterling (99.000 dolar AS).

Margaret Ford, pemimpin bagian naskah dan buku di Christie`s, mengatakan buku tersebut diduga melewati tawar-menawar ketika dibeli oleh pemiliknya yang sekarang saat ini. “Buku itu sangat penting,” katanya.

“Ia mungkin tidak mengetahui berapa besar tawaran yang akan dihadapinya,” katanya.

Christie`s menyatakan menantu pemilik buku tersebut saat ini menghadapi satu acara pameran mengenai Darwin dan melihat gambar tentang karya itu. Ia menyadari bahwa buku di toliet rumah mertuanya tersebut sangat khusus dan mencocokkannya dengan bundel karya di dalam gambar itu.

Buku “On the Origin of Species”, karya Darwin, berbicara mengenai teori evolusinya, yang menjadi pangkal semua spesies berkembang dari generasi ke generasi melalui proses seleksi alam. [sa-ant]

KOMENTAR