FAKULTAS Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI) Institut Agama Islam (IAI) Almuslim Aceh menggelar kuliah dosen tamu yang berlangsung di ruang rapat pascasarjana Kampus Paya Lipah, Rabu, 7 Juni 2023.

Kegiatan kuliah dosen tamu ini ikut diisi oleh Dr Saiful Muchlis SE MSA Ak CA CGRM dari Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar dan juga Dr Hotbin Hasugian SE MSi Ak CMA CPA dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara.

Rektor IAI Almuslim Aceh yang diwakili oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Edi Mizwar MPd dalam sambutannya, menyebutkan, adanya kuliah dosen tamu ini bisa menjadi energi baru bagi civitas akademik dalam membuka wawasan baru dalam ranah maqasyid syariah.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada narasumber yang juga dosen dari UIN Alauddin Makassar dan UIN Sumatera Utara yang telah bersedia hadir di Kampus Paya Lipah. Ini menjadi motivasi bagi kami dan juga kepada dosen dan mahasiswa yang ikut serta dalam kuliah tamu ini,” sebut.

Adanya kuliah tamu ini, tambah Edi, dengan mengangkat tema “Akuntansi Lingkungan dan CSR dalam Perspektif Maqasyid Syariah” selain menjadi ilmu baru, juga diharapkan mampu memberikan ide bagi dosen untuk melakukan eksplorasi terkait nantinya sebagai penelitian atau juga pengabdian.

Dekan FSEI Malik Adharsyah Lc MA juga menambahkan, kehadiran dosen-dosen dari kampus besar ini bagian dalam proses penyusunan revisi kurikulum 2024 untuk dua prodi-prodi yang ada di bawah FSEI.

“Tahun 2024 diharapkan sudah ada kurikulum baru bagi sejumlah prodi yang ada di IAI Almuslim Aceh, dan kehadiran narasumber sekaligus dosen-dosen dari kampus UIN Alauddin dan UINSU pada kuliah tamu ini menjadi input penting bagi prodi Perbankan Syariah, Prodi Ekonomi Syariah, dan Hukum Keluarga Islam,” tutupnya.