Brussels — Perkawinan antara dua produsen beda benua, General Motors (GM) dari AS dan PSA Peugeot dari Perancis menghasilkan kesepakatan kerjasama baru. Kemarin (24/1) di sebuah pertemuan di Brussels, Belgia, muncul pernyataan, akan lahir bayi New Zafira menggantikan Vauxhall/Opel Zafira yang dikembangkan dari platform Peugeot.

Pada pertemuan yang dihadiri Petinggi GM Eropa, Steve Girsky dan Chairman PSA Philippe Varin, diungkapkan rencana Peugeot merancang crossover C-segment untuk menggantikan Peugeot 3008 dan New Zafira.

Dengan model tersebut, Diyakini, New Zafira baru bakal sukses seperti yang pernah dialami GM beberapa waktu lalu, termasuk di beberapa negara-negara Asia. Kolaborasi keduanya cukup kuat, apalagi nama besar GM dan Zafira. GM sedang menyiapkan pengganti Vauxhall Meriva, MPV B-Segment dengan platform yang juga dikembangkan oleh PSA Peugeot.

Kedua produsen tersebut juga menyepakati kerjasama membuat mesin baru beremisi lebih rendah untuk model-model di segmen B. (kompas.com)

KOMENTAR