Jakarta — Jejaring sosial berbasis lokasi, Foursquare yang sempat sangat populer, akan muncul dalam versi baru. Soalnya fasilitas Check In tak lagi jadi fokus utama.

Seperti dikemukakan oleh TheVerge, tim Foursquare telah menuturkan lewat Twitter akan hadirnya versi terbaru aplikasi mereka. Hal ini dilakukan lewat hashtag #allnew4sq.

Beberapa hal pun sudah sempat dibocorkan, meski belum terang-terangan, oleh tim Foursquare. Salah satunya, perubahan pada tampilan peta yang akan menggunakan OpenStreetMap.

Namun yang lebih menarik adalah akan diterapkannya sistem rekomendasi yang lebih baik. Hal ini dianggap sebagai upaya Foursquare untuk tak terlalu fokus pada Check In.

Fitur Check In selama ini merupakan aktivitas utama pada aplikasi Foursquare. Pengguna akan saling berbagi lokasinya dan mengumumkannya pada teman-temannya di laman tersebut.

Terkait dengan perombakan yang akan dilakukan di fitur mereka, Foursquare menegaskan jika pihaknya akan menambahkan layanan yang memungkinkan pedagang (merchant) untuk ‘membeli lokasi’ dalam rangkaian promosi bisnis.

“Kami menawarkan penempatan lokasi spesial yang bisa dipromosikan dalam aplikasi kami nantinya yang akan didesain ulang,” kata juru bicara Foursquare seperti dilansir situs Mashable.

Semoga saja dengan akan hadirnya fitur baru Foursquare bisa semakin memudahkan pengguna dalam mencari lokasi dan juga meningkatkan usaha bisnis dari setiap tempat-tempat yang ada dalam aplikasi tersebut. (*/kompas)

KOMENTAR