Susan Wojcicki, CEO YouTube

Susan Wojcicki, CEO YouTubeSAMA seperti Microsoft, YouTube juga akhirnya memiliki CEO baru. Hal ini diumumkan oleh Google secara resmi pada Rabu (5/2/2014) lalu. Susan Wojcicki yang sebelumnya memiliki jabatan sebagai Senior Vice President of Ads and Commerce menggantikan Salar Kamangar yang telah menjabat sejak tahun 2010.

Larry Page, CEO Google mengatakan, “Salar dan seluruh tim YouTube telah membangun sesuatu yang luar biasa. YouTube tumbuh menjadi suatu komunitas global dengan segala kemungkinan. Tiap orang dapat mengunggah konten kreatif mereka yang dapat menjangkau seluruh dunia, bahkan bisa menghasilkan uang. Seperti Salar, Susan sangat antusias dan bersemangat meningkatkan YouTube dengan cara yang akan disukai semua orang.”

Pemilihan Susan sebagai CEO bisa jadi dikarenakan prestasinya dalam meningkatkan pendapatan YouTube hingga mencapai US$5,6 miliar tahun lalu selama masa kepemimpinannya di divisi iklan. Susan pula yang menggagas AdSense serta AdWords yang telah membantu meningkatkan pendapatan bagi pencipta serta penerbit online.

“Saya tidak sabar untuk mulai bekerja dengan seluruh tim di YouTube, komunitas yang dinamis, dan para kreator dari seluruh dunia. Saya juga akan menghabiskan waktu hingga beberapa minggu ke depan untuk mempelajari lebih jauh semua bagian dari ekosistem YouTube,” kata Susan melalui tulisannya di Google+.

Sementara itu, Salar Kamangar akan memiliki jabatan baru yang bertugas untuk membuat proyek baru di Google yang saat ini belum dipublikasikan. Proyek ini diperkirakan akan memiliki visi yang mirip dengan proyek besutan Andy Rubin, sang pendiri Android, yang dikerjakannya tahun lalu. (infokomputer.com)