Jakarta — Harian Al-Ma’ariv Israel menyebutkan sejumlah pengguna smart phone iPhone 5 mengungkap bahwa peta yang dirilis oleh perusahaan Apel itu tidak lagi mengakui Jerusalam (Al-Quds) sebagai ibukota Israel.

Seperti dikutip Palestine Information Centre (PIC), pengguna iPhone 5 yang ada di Israel belakangan ini menemukan bahwa smartphone ini tidak menyebutkan Jerusalam sebagai ibukota Israel padahal ibukota negara lain di dunia disebutkan sebagai “ibukota” di petanya.

Peta yang digunakan oleh Apel yang baru ini menjadi alternatif program Google Maps menampahkan ibukota-ibukota negara lain dengan tanda “bintang” di peta itu dan tidak menampakan tanda bintang di kota manapun di Palestina baik yang wilayah dibawah pemerintah Otoritas Palestina atau yang dikuasai Israel.

Ma’ariv juga menegaskan, salah satu ciri lain smartphone iPhone 5 baru ini adalah perangkat ini memberikan kepada penggunanya untuk memilih kota untuk menentukan waktu kota Al-Quds (Jerusalem) tanpa mengaitkannya dengan Palestina atau Israel. (harianterbit.com)

KOMENTAR