Paya Bakong – Janda tua warga Gampong Blang Sialet, Kecamatan Paya Bakong, Aceh Utara, Hadijah,55, ditemukan meninggal dengan kondisi membusuk di rumahnya, Kamis (4/3/2010) sekitar pukul 20.00 WIB. Warga setempat menduga janda miskin yang dikenal sebagai peminta-minta itu meninggal beberapa hari lalu akibat penyakit maag kronis-nya.

Geuchik Blang Sialet, Sofyan Ibrahim, Jumat (5/3/2010) menyebutkan, jenazah Hadijah ditemukan setelah para pemuda gampong setempat mencurigai aroma menyengat hidung dari gubuk yang dihuni janda itu. Kemudian, kata dia, warga bersama aparat gampong mengecek hal itu.

“Saat ditemukan, jenazah Hadijah dalam posisi telungkup. Bagian perutnya terlilit kain. Mungkin, beliau tidak sanggup menahan sakit maag yang sudah lama dideritanya,” kata Sofyan.

Sofyan menyebutkan, pihaknya langsung melaporkan temuan tersebut ke Polsek Paya Bakong dan relawan PMI. Setelah divisium oleh tenaga medis dari Puskesmas setempat, kata dia, jenazah almarhumah dimakamkan. “Berdasarkan hasil visium diperkirakan Hadijah sudah meninggal sekitar empat hari lalu. Pada bagian badan janda dua anak itu, tidak ditemukan tanda kekerasan,” katanya.

Menurut dia, selama ini Hadijah tinggal sendirian di gubuk berkonstruksi kayu yang dibangun hasil swadaya masyarakat setempat. Sedangkan dua anaknya yang sudah dewasa, kata dia, tinggal terpisah. “Yang satu di Banda Aceh, satu lagi gampong ini tapi rumahnya berjauhan. Gubuk yang ditempati Hadijah tidak ada listrik, selain itu beliau sering berpergian, makanya warga tidak bisa memastikan ada atau tidak beliau di rumah setiap hari. Terakhir warga melihat beliau sekitar akhir Februari lalu,” kata Sofyan.(nsy)

(Harian Aceh)

KOMENTAR