Keumala – Jembatan Sirong di Gampong Baroh, Titeue Keumala, Pidie sangat rawan kecelakaan karena badan jembatan mulai bolong. Jembatan yang menghubungkan Beureuenuen, Pidie menuju Meulaboh, Aceh Barat, sudah puluhan tahun tidak diperbaiki. Setiap minggu sering terjadi kecelakaan.

”Cukup banyak kendaraan yang jatuh di jembatan ini, terutama yang hendak pulang ke Meulaboh. Sesampai di sini mereka jatuh dan masuk ke sungai,” kata Sofyan, warga Gampong Paloh Teungoh, Keumala, Minggu (4/4/2010).

Menurutnya, kecelakaan sering terjadi akibat ban sepeda motor atau mobil masuk ke dalam badan jembatan yang bolong, kemudian terpental jatuh ke sungai. “Kami sudah sering mengusulkan ke tingkat Kabupaten tetapi belum ada realisasi,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Rohani, 35, warga setempat yang sering memberikan pertolongan pertama jika terjadi kecelakaan. “Seharusnya lubang di badan jalan tersebut segera ditutup,” katanya sembari menjelaskan setiap minggu tak terhitung jumlah korban yang jatuh ke sungai.(*/ha/muh)

KOMENTAR