TARIK minat literasi dan edukasi, Perpustakaan Institut Agama Islam (IAI) Almuslim Aceh menggelar festival lomba kreatifitas bagi pemustaka dengan hadiah utama berupa ‘golden ticket’ berupa pemotongan biaya kuliah bagi satu orang pemenang.

TARIK minat literasi dan edukasi, Perpustakaan Institut Agama Islam (IAI) Almuslim Aceh menggelar festival lomba kreatifitas bagi pemustaka dengan hadiah utama berupa ‘golden ticket’ berupa pemotongan biaya kuliah bagi satu orang pemenang.

Kegiatan lomba kreatifitas ini berlangsung di ruang perpustakaan setempat yang dibuka oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerja Sama, Anwar Ebtadi MA, Selasa, 30 April 2024 yang dihadiri oleh puluhan peserta untuk kategori lomba baca puisi.

“Saya sangat bangga atas antusias mahasiswa dalam mengikuti kegiatan yang pertama kalinya dalam sejarah kampus IAI Almuslim Aceh, yang hampir selama 39 tahun berjalan perdana dibuat oleh perpustakaan ini. Kedepan kita berharap bersama-sama terus kita adakan kegiatan untuk membantu meningkatkan kualitas serta kuantitas Perguruan Tinggi dalam bidang perpustakaan,” pungkasnya.

Kepala Perpustakaan Aula Aryanti SIP dalam sambutannya, mengatakan bahwa digelarnya kegiatan lomba seperti ini untuk memberikan gambaran dan pandangan bagi mahasiswa agar perpustakaan menjadi saran pembelajaran.

“Kami menyelenggarakan kegiatan ini adalah untuk mengubah pandangan kita semua, bahwa perpustakaan bukan hanya sebagai tempat atau sumber informasi, namun juga fungsi perpustakaan sebagai salah satu sarana pembelajaran dan jembatan menuju penguasaan ilmu pengetahuan,” sebutnya.

Lebih lanjut, tambah Aula, keberadaan perpustakaan juga menjadi tempat rekreasi yang menyenangkan, menyegarkan dan mengasyikkan dengan aneka sumber bacaan yang bisa memperkaya khasanah dan literasi bagi civitas akademika.

“Oleh karena itu citra perpustakaan perlu terus dibangun agar dapat berkembang dengan baik, karena salah satunya bisa menjadi bagian dalam meningkatkan eksistensi perguruan tinggi,” tuturnya.

Dan dengan acara ini menjadi wadah untuk saling tukar pengalaman berkolaborasi membangun hubungan antar pemustaka dengan pihak pengelola Perpustakaan IAI Almuslim Aceh”. begitu ujarnya.

Pada kegiatan lomba ini, kata Aula, diikuti puluhan mahasiswa dari berbagai program studi (prodi), sebelumnya ada beberapa agenda dari festival kreatifitas tersebut, seperti lomba puisi dan pantun, lomba nasyid, lomba melukis serta lomba peuratep aneuk.

“Untuk kali perdana ini, kita hanya menyelenggarakan lomba puisi dan pantun saja yang berlangsung sehari sekaligus untuk menarik juga minat pengunjung ke perpustakaan,” tutupnya.

Turut hadir pula dalam lomba tersebut 3 orang dosen sebagai dewan juri lomba, yaitu Aulia Fitri MM, Sayuti MPd serta Khadijatul Musanna MH.

Pemenang utama juara lomba puisi dan pantun mendapatkan golden ticket berupa beasiswa SPP satu tahap, yakni berhasil direbut oleh Raudhatul ‘Asyi, mahasiswi prodi Pendidikan Agama Islam. Selain beasiswa, juga diperoleh hadiah uang tunai plus hadiah hiburan.

Selain lomba puisi, dalam kesempatan yang sama juga diumumkan pemenang lomba short video dan karya tulis ilmiah (KTI) yang diselenggarakan beberapa waktu lalu dalam rangka menyambut milad ke-10 tahun IAI Almuslim Aceh.