Kementerian Federal Jerman untuk Kerjasama Ekonomi dan Pengembangan menawarkan lima beasiswa dalam program 2013 The Georg Forster Research Award. Beasiswa ini akan diberikan kepada para mahasiswa dari negara berkembang, termasuk Indonesia, untuk menempuh studi di Jerman.

Para pelamar harus menetap dan bekerja di negara-negara peserta program, setidaknya lima tahun selama masa nominasi mereka. Beasiswa akan diberikan senilai 60 ribu euro atau setara dengan Rp782,6 juta (Rp13.043 per euro).

Beasiswa akan diberikan untuk riset pada semua bidang studi yang ditawarkan perguruan tinggi di Jerman.  Seleksi akan diutamakan dengan melihat kualifikasi akademik dan relevansi riset pelamar dengan perkembangan di negara masing-masing. Demikian dilansir laman Scholarship Positions, Selasa (5/2).

The Georg Forster Research Award adalah beasiswa riset pada semua bidang akademik. Beasiswa diberikan kepada para peneliti dengan penemuan yang fundamental, teori baru, atau pemikiran-pemikiran yang memiliki dampak signifikan terhadap bidang disiplin ilmu tertentu. Beasiswa ini juga diberikan kepada mereka yang akan melakukan penelitian lanjutan tentang solusi dari berbagai tantangan spesifik dalam proses transisi di negara berkembang.

Grantee (penerima beasiswa) akan mendapatkan bantuan biaya riset selama enam hingga 12 bulan, dan mungkin akan dibagi ke dalam beberapa segmen.

Formulir pendaftaran dapat diunduh di laman Humboldt Foundation. Laman tersebut juga menyediakan informasi lengkap tentang program 2013 The Georg Forster Research Award. Pendaftaran program akan ditutup pada 15 Mei 2013. (okezone.com)

KOMENTAR