Ulim – ‘Kiamat sudah dekat, 69 tahun lagi’, begitu intisari ceramah ramadhan yang disampaikan Tgk Mustafa Tangse,Pidie, saat acara peringatan Nuzulul Qur’an yang digelar Pemerintah Kabubaten (Pemkab) Pidie Jaya, Sabtu (29/8)malam di Mesjid Raya Ulim.

Dijelaskannya, soal kiamat sudah 69 tahun lagi itu merujuk pada salah satu risalah ketika Rasulullah (Nabi Muhammad SAW) berhijrah ke Madinah. Suatu ketika di Madinah, cerita Tgk Mustafa, para sahabat bertanya kepadanya, ‘berapa lama ya Rasulullah umur dunia ini sampai tibanya kiamat?’. Ditanya demikian, Rasulullah menjawab, ‘satu hari setengah hari akhirat’.

“Jika kita pedomani salah satu risalah yang sempat ditanyai sahabat Rasulullah ketika ia sudah berhijrah ke Madinah, bila kita bandingkan hitungan hari dunia dan akhirat, satu hari akirat adalah seribu tahun hari dunia, dengan asumsi perhitungan tahun yang kita gunakan adalah tahun Hijriah, maka jika saat ini adalah 1431 H, kita kurangi 1500, maka hasilnya sama dengan 69 tahun lagi,” jelas Tgk Mustafa.

Tgk Mustafa kemudian mengajak kaum muslimin dan muslimat untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Alaah dengan cara merbanyak ibadah terutama pada bulan suci ramadhan.

Sementara itu, Bupati Pidie Jaya, H.M.Gade Salam, dalam sambutannya juga mengajak/menghimbau seluruh pemimpin baik yang ada di kecamatan maupun di Gampong-gampong untuk dapat menghidupkan jamaah Shalat. ”Kepada seluruh pemimpin baik yang berada di Kecamatan maupun Mukim dan Gampong-gampong, mari membuat seruan-seruan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus memakmurkan jamaah shalat di Meunasah-Meunasah/Mesjid-mesjid terutama di bulan suci ramadhan,” harap Gade Salam yang mengaku prihatin ketika mendengar kabar terhadap jamaah Shalat yang selama ini semakin merosot di Kabupaten yang dipimpinnya itu.(*/ha/cam)

KOMENTAR