Banda Aceh — Satuan Tugas Percepatan Pembangunan Aceh (SATGAS PPA) bersama sejumlah organisasi lainnya, Kamis (27/12) malam nanti akan menyelenggarakan zikir bersama dalam rangka memperingati Haul ke-376 Sultan Iskandar Muda yang jatuh pada 27 Desember.

“Rencananya malam nanti ba’da shalat Isya berjama’ah di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh akan dilanjutkan dengan zikir akbar dan do’a bersama yang dipimpin oleh Syech Tgk H Djamaluddin Waly Al-Khalidy,” jelas Panitia Pelaksana Muhammad Balia, beberapa waktu lalu.

Selain menggelar zikir dan doa bersama, panitia juga menggelar acara ziarah ke Komplek Makam Sultan Iskandar Muda di jalan Tgk Sulaiman Daud samping Pendopo Gubernur Aceh, pagi tadi.

Untuk puncak acara nanti malam, panitia juga telah menyebar 5.000 undangan ke berbagai kalangan, seperti ke instansi pemerintahan, pakar sejarah, Ormas, OKP, LSM, Remaja Mesjid, pesantren, hingga ke sejumlah mahasiswa dan masyarakat umum.

Sementara itu Ketua Satgas PPA Mustafa Abdullah SE menyebutkan tujuan diselenggarakan acara ini ingin mengenang masa kejayaan Sultan Iskandar Muda dan bukun untuk terlena dengan sejarah.

“Sejarah merupakan guru terbaik dan Iskandar Muda adalah Raja terbesar Aceh Darussalam yang membawa Aceh pada puncak kejayaan. Meski demikian, ia berharap masyarakat tidak terlena dengan romantisme sejarah,” ujarnya.

Acara zikir dan doa bersama ini rencananya akan menjadi agenda tahunan dari panitia untuk tahun mendatang dan berharap didukung oleh sejumlah kalangan untuk dapat berpartisipasi dan berkerjasama untuk mensukseskan acara tersebut.[]

KOMENTAR