MV Seabourn Pride

Banda Aceh — Ratusan wisatawan mancanegara (wisman) kapal pesiar dijadwalkan kembali menyinggahi Kota Sabang, Provinsi Aceh, sekitar 6 jam pada 22 Maret 2013.

“Kami mempersiapkan berbagai atraksi budaya menyambut ratusan wisman kapal pesiar MV Seabourn Pride selama di Sabang,” jelas Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sabang M ALi Taufiq, Rabu (20/3).

Dia mengatakan sepanjang 2013, tercatat lima kapal pesiar yang mengangkut wisatawan dari berbagai negara telah dijadwalkan singgah di Sabang, sebagai salah daerah tujuan wisata andalan di Provinsi Aceh.

Pada 12 Maret 2013, kapal pesiar MV Silver Sea yang juga mengangkut sekitar 400 wisatawan singgah selama 6 jam di Pulau Weh itu.

MV Seabourn Pride membawa sebanyak 400 penumpang dan tercatat 300 kru, direncanakan tiba pada pukul 08.00 WIB dan kembali berangkat ke Kolombo pada pukul 14.00 WIB, 22 Maret 2013.

Seabourn Pride termasuk yang terbaru dikelasnya dengan “spek” 10.000 grosston, panjang 404 meter draf 16,5 meter. Dan kapal pesiar itu pernah dipakai dalam film “Speed 2″. Kapal pesiar itu tercatat dua kali masuk Sabang.

“Kami akan menyiapkan atraksi budaya dan tarian tradisional Aceh ‘selamat datang’ ke Kota Sabang. Tenda gratis disiapkan untuk pedagang souvenir di lokasi penyambutan,” tambahnya.

Dia memperkirakan sekitar 100 penumpang MV Seabourn Pride mengambil paket wisata Sabang, dan mereka akan diantar ke Iboih untuk menikmati “welcome drink” serta keindahan laut Teupin Layee-Iboih.

“Untuk tahun ini dijadwalkan lima kapal pesiar, dan kami berupaya terus agar terjadi peningkatan jumlah kapal pesiar singgahi Sabang pada tahun-tahun mendatang,” ucap M Ali Taufiq. (Ant/esu)

KOMENTAR