Banda Aceh, Seputar Aceh – Untuk mempercepat tujuan percepatan pembangunan gampong di Kota Banda Aceh, pemerintah setempat menggelar pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat sekota Banda Aceh, Selasa (06/10). Pelatihan tersebut dibuka Sekretaris Daerah Kota Banda Aceh, T. Saifuddin TA, di aula Pemko Banda Aceh.

“Salah-satu problem mendasar dalam percepatan pembangunan gampong adalah ketidakmampuan kita dalam membangun partisipasi masyarakat,” kata Sekda dalam sambutannya di hadapan peserta dan para Kepala SKPD yang hadir.

Ia mencontohkan, dalam tiga tahun terakhir, Alokasi Dana Gampong (ADG) yang disalurkan Pemko ke gampong-gampong belum mampu dikelola dengan baik. “Oleh karena itu dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat mengatasi persoalan tersebut,” kata Sekda.

Dari hasil pelatihan itu, para kader diharapkan dapat mengiplementasikan pengetahuan dan dapat berperan secara optimal dalam pengkajian beberapa permasalahan di gampong, sehingga nantinya dapat membantu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi beberapa program yang dilaksanakan.

Pelatihan itu diikuti oleh 40 orang kader dari gampong-gampong di sembilan Kecamatan di Kota Banda Aceh. Pelatihan berlangsung selama dua hari itu menghadirkan pemateri dari unsur Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Provinsi Aceh dan Bappeda Kota Banda Aceh.

“Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan para kader agar mampu menyusun rencana pembangunan yang lebih berkualitas sehingga sesuai aspirasi dan kebutuhan masyarakat,” kata Ridha, Kepala BPM Kota Banda Aceh, yang juga ketua pelaksana pelatihan tersebut. [sa-ded]

KOMENTAR