Prodi PBA IAI Almuslim Jalin Kerja Sama dengan Darul Lughah Al-Arabiyyah

SEBAGAI bentuk peningkatan mutu program studi (prodi) Pendidikan Bahasa Arab Institut Agama Islam (IAI) Almuslim Aceh menjalin kerja sama dengan Pusat Pelatihan Bahasa Darul Lughah Al-Arabiyyah Banda Aceh, Kamis, 30 Mei 2024 di ruang rapat kampus setempat.

Ketua Prodi PBA Hendri Julian, MEd dalam keterangannya menyebutkan, prodi PBA IAI Almuslim merasa sangat gembira dengan adanya lembaga Darul Lughah yang fokus dalam pengajaran bahasa Arab untuk non-Arab.

“Kami bangga di Aceh punya lembaga seperti Darul Lughah, ditambah lagi dengan adanya kerjasama ini diharapkan para pelajar dan pengajar bahasa Arab memiliki wadah untuk pengembangan diri dalam bidang yang ditekuninya khususnya di kabupaten Bireuen kedepannya,” sebut Hendri.

Direktur Darul Lughah Al-Arabiyah Muhammad Yasir, SKomI MA menyebutkan, lembaga Darul Lughah siap bekerjasama untuk peningkatan kemampuan berbahasa baik bagi mahasiswa atau sivitas akademika di IAI Almuslim Aceh.

“Kita memiliki berbagai program di Darul Lughah. Ada 60 hari lancar berbahasa Arab, Al-Arabiyah daring, dan sekarang kita ada program I’dad 1 tahun mu’allim Al-Lughah Al-Arabiyah, yaitu persiapan guru bahasa Arab yang kompeten selama 1 tahun,” sebut Yasir.

Turut hadir dalam penandatanganan kerja sama atau MoU ini sejumlah sivitas akademik IAI Almuslim Aceh, diantaranya Dekan Fakultas Syariah yang juga dosen di prodi bahasa Arab Malik Adharsyah, Lc MA serta para asatidz dari lembaga Pengembangan Bahasa Darul Lughah Al-Arabiyah.