DOSEN Institut Agama Islam (IAI) Almuslim Aceh Diana MA berhasil meraih gelar doktor di Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh pada program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) setelah berhasil mempertahankan disertasainya.

“Berdasarkan hasil ujian panitia ujian promosi doktor menyatakan sudara Diana lulus menjadi doktor pendidikan agama Islam dengan yudisium cumlaude IPK 3,91,” sebut Promotor Disertasi Prof Dr Warul Walidin, AK MA ketika membacakan hasil sidang terbuka program doktor di ruang Aula UIN Ar-Raniry, Senin, 29 April 2024.

Rektor IAI Almuslim Aceh Dr Nazaruddin MA memberikan apresiasi atas capaian yang diraih oleh dosennya yang telah berhasil menyelesaikan program S3.

“Kami dan seluruh civitas akademika IAI Almuslim Aceh mengucapkan selamat untuk Dr Diana MA atas capaian menyelesaikan program doktor dengan masa studi 36 bulan. Dengan bertambahnya doktor tersebut, hingga kini IAI Almuslim Aceh telah memiliki 13 orang lulusan doktor baik dalam dan luar negeri,” kata Nazaruddin, Ahad, 19 Mei 2024.

Dalam disertasinya Diana mengangkat judul “Wanita Karir dan Pendidikan Karakter Anak (Studi Komparatif Antara Aceh-Indonesia dan Perak-Malaysia)”.

Diana menjelaskan disertasinya membahas tentang peran wanita karir terkait pembentukan karakter anak, tidak hanya dipengaruhi oleh peran ibu saja.

“Baik dan buruknya karakter anak bukan disebabkan seorang ibu yang menjadi wanita karir, namun bagaimana keseimbangan dan tanggung jawab bersama antara suami dan istri dalam mendidik anak. Salah satunya hal ini dipengaruhi oleh faktor ekonomi dan juga keturunan atau profesi orang tua,” sebut Kaprodi Sarjana PAI IAI Almuslim Aceh.