Keindahan Pulau Weh yang terletak di sebelah utara di Aceh sudah tak diragukan lagi. Oleh karena itu, pihak Kemenparekraf menjadikan Pulau Weh sebagai destinasi unggulan di provinsi paling barat Indonesia tersebut.

Ada belasan destinasi wisata yang ditawarkan Pulau Weh, mulai dari jajaran pantai hingga bangunan-bangunan peninggalan yang bersejarah. Baik itu daratan maupun perairan sekitar Pulau Weh punya pesona sendiri, terbukti dengan banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan di sini. Aktivitas favorit, tentu saja agenda snorkeling dan diving.

Melihat keindahan itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menjadikan Pulau Weh sebagai destinasi wisata unggulan di DI Aceh. Hal ini dikemukakan oleh Direktorat Jenderal Pengembangan Destinasi Wisata, Firmansyah Rahim, dalam diskusi “Pengembangan Destinasi Wisata Unggulan” yang bertempat di Lt 14 Gedung Sapta Pesona, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (10/4/2012).

“Kita punya 29 lokasi daya tarik wisata. Salah satunya adalah Pulau Weh di Aceh,” kata Firmansyah dalam diskusi tersebut.

Pulau Weh juga terpilih sebagai destinasi wisata unggulan karena banyaknya resor dan penginapan yang tersebar di seluruh pulau. Selain itu, sarana transportasi di sana pun cukup memadai. Untuk mencapai Pulau Weh, Anda tinggal naik kapal cepat atau kapal lambat dari Pelabuhan Ulee Lheue di Kota Aceh.

Setelah Pulau Weh, akan ada beberapa destinasi unggulan lain yang dipilih dari berbagai provinsi.

“Kita punya badan-badan yang bekerja sama dengan Pemda untuk mengembangkan potensi destinasi wisata di setiap tempat,” tutur Firmansyah. (Afif Farhan/detikTravel)

KOMENTAR