Depok — Pariwisata Indonesia memiliki limpahan potensi alam yang kaya raya berhasil membawa Indonesia menduduki peringkat ke 9 dari 139 negara yang Unggul dalam Objek Wisata Alam dan Kearifan Lokal menurut World Economic Forum.

Selain itu, peringkat Indonesia dalam sektor pariwisata berada diangka 74 dari 139 negara. Pada level Asia Tenggara, Indonesia juga menempati urutan yang lebih rendah dari Singapura dan Malaysia.

Kunjungan wisatawan Indonesia juga mengalami defisit dibanding dua negara di atas. Padahal Indonesia memiliki potensi wisata yang sangat kaya mulai dari ujung barat pulau Sumatera, Sabang hingga ke Papua. Keunikan budaya lokal, makanan tradisional, wisata sejarah merupakan poin keunggulan pariwisata yang berbeda dari negara lain. Bahkan jika lebih ditelaah banyak sekali keunikan wisata local yang belum tereksplorasi (unexplored local uniquness) yang dapat dijadikan tempat wisata di Indonesia.

Kini ide kreatif untuk memajukan wisata Indonesia kian banyak bermunculan, salah satunya itu lewat hadirnya situs www.MyIndonesia.us, begitulah yang diungkapkan oleh CEO situs MI, Mardhatilla Amalia kepada SeputarAceh.com, Kamis (02/08).

“Situs ini kita hadirkan dalam rangka membangun sektor pariwisata Indonesia untuk lebih berkembang dan besar harapan bisa berdampak positif bagi kehidupan masyarakat, karena kita tahu pemerintah tidak mungkin bisa bekerja sendiri dalam mempromosikan wisata ini,” pungkasnya.

Mardha juga menambahkan, sinkronisasi atau integrasi semua pihak sangat dibutuhkan dalam memaksimalkan potensi tempat wisata di Indonesia terlebih bagi yang mempunyai informasi wisata, sehingga situs dengan singkatan MI ini bisa dimaksimalkan.

Situs yang mengusung tagline “Temukan Keindahan Indonesia, Jelajahi Potensinya, dan Sebarkan kepada Dunia!” diharapkan bisa berbagi informasi pariwisata dari berbagai sumber serta memberikan kesempatan kepada semua pihak. “Kita tidak saja menyediakan informasi pariwisata, namun juga memberikan informasi paket pariwisata, event pariwisata, serta ragam artikel pariwisata yang bisa ditulis oleh setiap anggota yang mendaftar dan masih banyak fitur lainnya”, jelas mahasiswa asal Aceh tersebut.

Ide membangun situs bertemakan wisata ini, diakui oleh Mardha tidak sendiri. “Situs ini dikelola oleh tim dan semuanya masih aktif sebagai mahasiswa di kampus Universitas Indonesia”, terangnya.[]

[accordion title=”Inilah Tim dibalik layar situs MI:”]

  • Mardhatilla Amalia,
  • Hafifullah Khalis,
  • Herri Yuanda,
  • Ary Firmana,
  • Arizal M. Saputra, dan
  • Maya Nur Annisa.

Situs MI juga dibantu oleh sejumlah kontributor yang tergabung dari berbagai kota dan daerah yang ada di Indonesia.

[/accordion]

[accordion title=”Ragam Fitur di situs MI:”]

[/accordion]

KOMENTAR