RATUSAN siswa-siswi dari beberapa sekolah dasar dan sederajat di Banda Aceh mengikuti kegiatan literasi keuangan dan edukasi lingkungan, Sabtu (7/9/2019) yang berlangsung meriah dan seru di Kantor CIMB Niaga Syariah, Banda Aceh.

Kegiatan yang bertemakan Tour de Bank (TdB) ini merupakan salah satu bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) CIMB Niaga dalam dunia pendidikan.

Branch Manager CIMB Niaga Syariah Banda Aceh, Azwar menyebutkan, adanya kegiatan literasi keuangan dan edukasi lingkungan merupakan bagian dari rangkaian agenda yang telah digelar di 3 kota lainnya di Indonesia.

“Tour de Bank di Aceh ini merupakan kota keempat dari lima kota yang akan dikunjungi di Indonesia, mulai dari Malang, Solo, Tangerang Selatan dan terakhir Kupang. Dalam rangkaian TdB ini, kami juga ikut mensosialisasikan konversi bank CIMB ke Syariah,” sebut Azwar.

Komisaris Independen CIMB Niaga, Jeffrey Kairupan dalam konferensi pers di depan awak media mengatakan, program CSR dari CIMB Niaga tersebut memuat beberapa pilar penting dan salah satunya di bidang pendidikan.

“Adanya kegiatan ini di Banda Aceh, tentunya menjadi upaya dari CIMB Niaga untuk mendukung peningkatan mutu pendidikan daerah serta ikut mensosialisasikan literasi keuangan untuk anak-anak pada usia belia,” jelas Jeffrey yang juga mantan Dewan Penasehat Gubernur Bank Indonesia.

Zona Kreatifitas dan Lingkungan Tour de Bank (TdB) CIMB Niaga Syariah
Zona Kreatifitas dan Lingkungan Tour de Bank (TdB) CIMB Niaga Syariah

Dari beberapa rangkaian kegiatan yang ada di TdB tersebut, kata Jeffrey, peserta diajak untuk belajar sambil bermain di sejumlah zona yang telah ditentukan, mulai dari mengenal pelayanan bank, berinteraksi dengan teller atau costumer service hingga bermain cermat angka dan unjuk kreatifitas.

Dalam kesempatan yang sama, Advisory Head CIMB Niaga Syariah, Syamsul Aidi Bachtiar, mengungkapkan, pihaknya sangat mendukung dengan adanya Qanun Aceh tahun 2018 tentang Lembaga Keuangan Syariah (LKS).

“Kami sangat mendukung hadirnya qanun ini di Aceh, terlebih lagi CIMB Niaga menjadi salah satu bank swasta pertama di Aceh yang paling cepat untuk melakukan konversi syariah dalam pengelolaan keuangan,” tambah Syamsul.

Walaupun secara aturan harus dijalankan pada tahun 2020, sebut Syamsul, Bank CIMB Niaga Syariah baik yang berada di Banda Aceh dan Lhokseumawe sudah siap dari sekarang.

Kegiatan yang diikuti oleh SD IT Al Fityan, SD Methodist, MIN 6, SDN 20 dan SDN 36 ini juga turut dihadiri oleh tamu undangan seperti perwakilan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Aceh Amran Haski, Disdik Kota Banda Aceh Marwan Fikri, Syariah Branch & Sales Management Out Region Head Murni Herawati serta Community Development Group Head Susy Hermanses.

KOMENTAR