Pelabuhan (Ist)PERAN Indonesia dipandang penting dalam perekonomian regional, sehingga Bank Pembangunan Asia (ADB) memandang peningkatan kerja sama merupakan salah satu hal yang utama dalam hubungan kedua pihak.

“Indonesia memiliki peran penting di ASEAN dan ASEAN plus three. Ini penting sebagai emerging ekonomi,” kata Presiden Bank Pembangunan Asia (ADB), Takehiko Nakao, dalam keterangan pers di Kantor Presiden Jakarta, Kamis, usai bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Nakao dalam diskusinya dengan Presiden Yudhoyono juga memaparkan mengenai peran Indonesia dalam G20 dan juga agenda yang akan diusung Indonesia dalam penyelenggaraan KTT APEC di Bali, 6-8 Oktober.

“Kami mendiskusikan banyak hal termasuk kepemimpinan Indonesia (disejumlah forum ekonomi internasional-red). Presiden juga sampaikan peran Indonesia dalam G20 dan juga pimpinan APEC yang akan bersidang di Bali pekan depan,” paparnya.

ADB, kata Nakao, juga menyiapkan “standby support trade financing support” yang dapat digunakan untuk mendukung perdagangan.

Sementara itu Staf Khusus Presiden bidang ekonomi Firmanzah mengatakan dalam pertemuan yang berlangsung sekitar satu jam tersebut, Presiden Yudhoyono menekankan bahwa ADB dan Indonesia merupakan mitra penting karena kerjasama kedua pihak di sejumlah sektor antara lain energi, air bersih, pembangunan infrastruktur dan juga pengembangan sumber daya manusia.

“Presiden memandang kemitraan kedua pihak harus diperkuat,” ucapnya. (ant)

KOMENTAR