Banda Aceh – Pemerintah Aceh akan membangun Perguruan Tinggi (PT) Politeknik khusus bidang kelautan di Kota Sabang. Sekolah itu nantinya diberi nama Polkesa (Politeknik Kelautan Sabang Aceh).

Wacana tersebut dikuatkan dengan pemberian beasiswa oleh Pemerintah Aceh kepada delapan calon dosen Polkesa untuk belajar di Norwegia, Amerika, dan sejumlah negara lainnya.

Delapan calon dosen itu, yakni dua bidang fish processing technology, dua bidang studi marine fishing technology, dua bidang marine ship building technology, dan dua di bidang marine information technology.

Kabag Humas Pemerintah Aceh Nurdin F Joes mengatakan, kepastian dibangunnya politeknik ini disampaikan Wakil Gubernur Aceh (Wagub) Aceh Muhammad Nazar saat memimpin rapat khusus di ruang rapat kerjanya, Senin (15/3/2010).

Dalam rapat itu dihadiri Wakil Walikota Sabang Islamuddin, utusan khusus Unsyiah Ir Zulfian, Plt Kadis Pendidikan Aceh Bakhtiar Ishak, Kadis Kelautan dan Perikanan Aceh Razali, Kadishub Komintel Aceh Yuwaldy Away, dan sejumlah pejabat Pemerintah Aceh lainnya.

”Menurut Wagub, Pemko Sabang telah menyediakan lahan seluas 10 Ha. Karenanya Wagub mengharapkan, agar Pemerintah Pusat yang memiliki kewenangan penyelenggaraan pendidikan tinggi untuk cepat mengambil peran untuk melahirkan Politeknik Kelautan Sabang Aceh itu,” kata Nurdin F Joes melalui surat elektronik, Selasa (16/3).(*/ha/min)

KOMENTAR