Banda Aceh — Lahan gambut seluas sekitar satu hektare di Kawasan Jalan Generasi, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, terbakar, Sabtu (16/6). Kebakaran tersebut hampir saja membakar rumah warga yang berada di daerah lahan tersebut.

Koordinator Satgas Pemadam Kebakaran Aceh Barat Maspuri di Meulaboh, mengatakan kebakaran rawa gambut tersebut diduga bersumber dari percikan api rumah warga setempat. “Persisnya kami belum tahu dari mana asal apinya, namun kemungkinan dari percikan api dengan kondisi panas begini cepat membakar lahan gambut,” katanya di lokasi kebakaran, Sabtu (16/6).

Sebanyak tiga unit mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan ke lokasi berkecimpung ke rawa gambut tersebut mencoba memadamkan kobaran api yang nyaris merambat ke rumah warga setempat.

Dia menjelaskan, tim satgas pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat sudah memadamkan api yang berkobar dengan menyuntik ke dasar rawa gambut yang sudah mengering.

Ia menambahkan, para petugas akan tetap siaga di lokasi untuk memastikan kondisi api tidak kembali membara, pasalnya kumpulan asap masih terus muncul, karena yang terbakar itu adalah di bawah dasar rawa gambut. “Kami akan tetap siaga di lokasi dan memantau kawasan ini, karena bisa saja api kembali muncul, sebab cuaca terik dan asap pun masih ada tapi api tidak kelihatan lagi,” tambahnya.

Sementara itu, M Syarwani, warga setempat menjelaskan, kebakaran lahan gambut yang terjadi di pemukiman mereka itu disebabkan adanya pembukaan drainase di sepanjang pinggir badan jalan. “Kebakaran ini mungkin saja dari percikan api, tapi rawa gambut ini seharusnya susah terbakar karena banyak menyimpan air, mungkin karena ada pembukaan drainase ini air terserap ke sana,” katanya. (ant/sm)

KOMENTAR