Muara Tiga – Sebagian Petani Blang Raya Kecamatan Muara Tiga, Pidie, mengalami gagal panen akibat kekeringan dan minimnya saluran irigasi.

Abu Bakar, (40) Seorang petani padi, di Blang Raya, mengatakan sawahnya mengalami kekeringan, pada bulan lalu, kondisi tersebut berlanjut hingga waktu panen tiba, Jumat (02/04/2010).

“Saya tak bisa memanen tahun ini, karena tanaman padi saya tak berbuah akibat kekeringan yang berpanjangan dari bulan lalu,” katanya.

Abu Bakar terpaksa pasrah atas kondisi tersebut, dimana ketiga petak sawahnya yang menjadi andalan untuk memenuhi kebutuhan keluarga gugur sebelum panen tiba.

“Sebagian petani di sini juga mengalami hal yang sama dengan saya, ada juga yang dapat memanen tapi hanya sedikit saja,” terangnya.

Nasib  yang sama juga dialami, Ilyas (35). “Kemarau yang panjang dalam bulan lalu, membuat tanaman kami, sementara irigasi yang ada disana tidak mampu menjamin kebutuhan di perawahan yang besar ini, bahkan kami biarkan tanaman begitu saja tanpa kita lakukan pemotongan karena memang tak berbuah,” kata Ilyas.

Sementara Hendon, yang juga petani di kawasan tersebut, mengatakan dalam musim ini, mengalami nasib yang sedikit menguntungkan dari petani lain, meskipun akibat kekeringan yang panjang di hamparan sawah Blang Raya tersebut, ia bisa sedikit menikmati karena, ia sempat panen, meskipun jumlah padi yang dihasilkan tidak sesuai dengan biasanya.

“Hasil panen tahun ini sangat sedikit, tidak mencapai seperti biasa, bahkan jika kita uangkan tidak cukup seperti modal yang kita keluarkan dulu,” jelasnya.(*/ha/muh/chr)

KOMENTAR