Jakarta – Pada malam peralihan tahun kali ini, terjadi aksi penusukan kepada personel polisi dan penembakan senjata api laras panjang kepada penduduk sipil. Walau begitu Kepolisian Indonesia menyatakan situasi kamtibmas nasional menjelang pergantian tahun menuju Tahun Baru 2012 secara umum cukup kondusif.

“Meskipun pada beberapa kejadian di beberapa daerah seperti di Blitar, Jawa Timur dan Banda Aceh,” kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Irjen Pol Saud Usman Nasution, di Jakarta, Minggu (1/1).

Pada hari Sabtu (31/12) sekitar pukul 19.45 WIB di tempat kejadian perkara di selatan lapangan SMA 1 Jalan Kalimantan Kota Blitar, telah terjadi penusukan terhadap anggota Polsek Sanan Kota Blitar, atas nama Briptu Prayoga Ardhi.

“Penusukan dilakukan dua orang tidak dikenal yang mengendarai sepeda motor Yamaha Mio merah dan nomor polisi tidak diketahui. Korban mengalami mengalami luka tusuk pada leher dan meninggal dunia saat dibawa ke Rumah Sakit Mardi Waluyo, Blitar,” kata Nasution.

Kronologi kejadian, sekitar pukul 19.45 WIB korban mengambil sepeda motornya yang dititipkan sebelah selatan lapangan SMA 1, karena hendak berangkat pengamanan Tahun Baru 2012 dengan menggunakan seragam dinas polisi atasan tertutup jaket.

“Ketika hendak berangkat tiba-tiba dua orang pelaku tidak dikenal langsung menghampiri korban dan menusuk pada bagian leher hingga tak sadarkan diri,” kata Nasution.

Kemudian pada hari yang sama pada pukul 21.00 WIB telah terjadi penembakan terhadap mess pekerja kabel PT Telkom. “Pelaku menggunakan sepeda motor mengunakan senjata api jenis AK memberondong ke dalam mess berakibat tiga orang meninggal dunia,” katanya.

“Tiga korban yang tewas atas nama Sunyoto, Suparno dan Daud sedangkan yang mengalami luka berat sebanyak tujuh orang atas nama Andri, Hasan, Kirul, Imam, Kopral, Aan dan Bonjol, pelaku masih dalam penyidikan,” katanya.

Selanjutnya pada pukul 21.00 WIB hari Sabtu telah terjadi penembakan terhadap karyawan toko istana boneka, KP Doi Ulee Kareng, Banda Aceh korban atas nama Wagiono oleh pelaku yang belum dikenal dengan menggunakan sepeda motor, kata Kadiv Humas.

“Korban ditembak dengan menggunakan senjata api, mengenai kepala kiri tembus ke sebelah kanan,” kata Saud.(ant)

KOMENTAR