Jakarta – Penangkapan lima orang yang diduga teroris di Aceh belum tentu terkait dengan jaringan Noordin M Top. Masih terlalu dini untuk menilai kelimanya merupakan kelompok teroris.

“Jadi kita nggak tahu sekarang ini terlalu dini untuk diketahui secara pasti apa yang terjadi di Aceh. Saya sendiri yakin bahwa kemungkinan tipis sekali berkaitan dengan Jamaah Islamiyah,” ujar pengamat terorisme internasional Sidney Jones.

Sidney menyatakan, kemungkinannya akan sangat tipis kegiatan orang yang ditangkap itu berkaitan dengan Jamaah Islamiyah (JI). Nangroe Aceh Darussalam dinilai agak kebal dengan kegiatan terorisme seperti itu.

“Kita juga enggak tahu tujuannya apa. Tapi menurut saya terlalu dini untuk mencap mereka sebagai teroris karena kita nggak tahu mereka sedang merencanakan apa,” imbuhnya.

Menurut Sidney, sekalipun ada latihan militer di wilayah itu, hal tersebut juga tidak bisa diidentikkan langsung dengan aksi terorisme.

“Jadi kita harus menunggu investigasi. Di Aceh itu yang ada orang-orang yang taat sekali beragama. Kalau ada satu kelompok radikal, itu kelompok baru,” tegasnya.

(Detiknews)

KOMENTAR