Jakarta – Jangkauan internet di Indonesia telah melampaui media tradisional dan menduduki posisi kedua setelah televisi. Ini berdasarkan studi Net Index Ketiga yang diumumkan Yahoo! Inc.

Hasil studi itu menunjukkan, jejaring sosial menduduki peringkat pertama sebagai aktivitas online paling populer (89%), diikuti kategori pengunjung laman internet (72%) dan pembaca berita (61%).

Penyebab perubahan tren ini adalah kelompok masyarakat Indonesia berusia 15-30 tahun yang menggunakan internet untuk keperluan hiburan seperti aktivitas terkait games dan pengunduhan musik. Menariknya, secara frekuensi jangkauan media online lebih tinggi pada masyarakat Indonesia usia tengah baya dibanding usia muda.

“Dengan pertumbuhan pengguna baru internet yang cepat, ini saat bagi para pemasar mengarahkan kembali strategi mereka didasarkan pada dinamika online di Indonesia,” demikian pernyataan Pontus Sonnerstedt, Country Manager Yahoo! Indonesia, Selasa (26/7).

Sementara itu, Suresh Subramanian, Deputy Managing Director TNS Indonesia mengatakan jejak digital konsumen telah menjadi aset paling bernilai bagi perusahaan yang hendak membuat investasi.

Dalam studinya ini, Net Index 2011 menggabungkan metodologi dan teknik teruji pada pemilihan sampel untuk memastikan perwakilan yang lengkap pada populasi target. Responden dipilih menggunakan teknik sampel probabilitas multi tahapan. Yahoo! berharap penelitian ini dapat memberikan data yang relevan untuk memungkinkan orang Indonesia membuat keputusan mengenai periklanan pada properti yang mereka miliki.[kontan]

KOMENTAR