DUTA Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair SM Al Shun menyambangi Museum Tsunami Aceh sebelum menghadiri agenda di Universitas Syiah Kuala (USK).

Zuhair disambut langsung oleh Kepala UPTD Museum Tsunami Aceh, M Syahputra AZ didampingi oleh edukator museum, Nurul Latifa yang menjelaskan detail museum, Kamis, 16 November 2023.

Syahputra menerangkan, Dubes Palestina hadir untuk menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Palestina dan USK. Selain itu, beliau akan turut serta dalam kegiatan penggalangan dana untuk Palestina di Gedung AAC Dayan Dawood.

“Kehadiran beliau ditengah prahara yang menimpa negerinya adalah sesuatu yang sulit untuk dilukiskan. Beliau adalah seorang pribadi yang tawadhu, rendah hati dan ramah”, ujarnya.

Syahputra melanjutkan, perasaan kehilangan akibat bencana tsunami dan bencana perang di Palestina adalah sama, walaupun berbeda penyebabnya.

“Doa dan hati kami akan selalu bersama para penduduk Palestina”, pungkasnya.

Edukator museum, Nurul Latifa, menambahkan selama berkeliling di museum, Zuhair terlihat tidak hentinya mengucapkan asma Allah.

“Bibir beliau selalu berucap ketika mendengar dan menyaksikan foto kehancuran Aceh setelah Tsunami,” kata Latifa.

Bahkan Dubes Palestina, lanjutnya, terlihat beberapa kali terharu dan mengusap air mata.

“Walaupun negerinya sedang hancur lebur, anak-anak negerinya terbunuh oleh serangan bom, tapi simpati beliau tidaklah kurang atas bencana tsunami Aceh,” tutup Latifa.