Saat ini peminat dan pengguna handphone dengan sistem Android di tanah air sangat besar, sehingga banyak pengguna smartphone telah beralih pilihannya pada si ‘robot ijo’ Android.

Namun untuk pembeli Android pertama kali, ada baiknya Anda jangan langsung terpikat dengan harga murah dan desain yang bagus saja, tetapi juga dilihat spesifikasi dan fitur yang ditawarkan. Fitur-fitur tersebut akan berpengaruh pada kinerja handphone ke depannya.

Biar anda tidak salah pilih dengan handphone atau smartphone Android pilihan anda, sebaiknya anda membaca beberapa tips ini dulu untuk memilih handphone Android:

  • Anda harus mengetahui handphone Android yang akan anda beli dari tiga hal, yaitu CPU, GPU dan RAM.
  • CPU (Central Processing Unit) adalah aspek yang bertanggung jawab sebagai “otak” utama handphone, memproses instruksi/perintah dari aplikasi. Semakin besar clock speed (MHz/GHz)- nya maka semakin cepat dan semakin banyak instruksi yang dapat dikerjakan (Sony Xperia TX). Kinerja CPU sangat mempengaruhi seberapa smooth tampilan UI (User Interface) dalam menjalankan aplikasi/games.
  • Lihat prosesornya apakah menggunakan single core, dual-core (HTC Desire X) atau quad-core (LG Optimus G). Semakin banyak core atau intinya, makin banyak jumlah instruksi yang bisa dikerjakan sekaligus.
  • Lihat GPU (Graphics Processing Unit), sebagai “otak” khusus, yang mengerjakan instruksi-instruksi yang berhubungan dengan grafis/layar. Kinerja GPU dipengaruhi oleh fill rate yaitu seberapa cepat ia bisa “menggambar” ke layar.
  • Cari handphone atau smartphone dengan RAM (Random Access Memory) yang besar, semakin besar RAM, maka semakin banyak pula pekerjaan/instruksi yang bisa dilakukan oleh CPU dan GPU. Ukuran RAM mempengaruhi seberapa banyak aplikasi yang bisa di-multitasking, dan aplikasi apa saja yang bisa dijalankan. RAM kecil (K-Touch W619 Pallagio) membuat pilihan Android anda dengan harga murah.
  • Lihat memori internalnya. Semakin besar memori internal akan menentukan seberapa powerful smartphone atau handphone Android anda, bukan dalam menjalankan aplikasi, tapi dalam jumlah aplikasi yang bisa disimpan.

Nah, sekarang saatnya Anda tentukan pilihan handphone Android apa kira-kira yang cocok untuk pemakaian sehari-hari. Selamat memilih. (*/idhandphone.com)

KOMENTAR