Bireuen — Komunitas Blogger Aceh atau yang sering disebut ABC, Minggu (26/08) mengadakan ekspedisi melihat temuan peninggalan situs-situs masa kerajaan Samudra Pasai diwilayah Peusangan, Kabupaten Bireuen.

Salah satu inisiator ekspedisi dari Aceh Blogger, Cik Nas menyebutkan perjalanan blogger kali ini mengangkat sisi sejarah tentang keberadaan situs-situs dan peninggalan Samudra Pasai di daerah Peusangan.

“Beberapa temuan situs sejarah yang berkaitan dengan Samudra Pasai kini banyak ditemukan di Peusangan, hal ini tentu membuat kita sebagai blogger di Aceh patut untuk mencari tahu keberadaan sejarah tersebut,” ujar Cik Nas kepada SeputarAceh.com, Sabtu (25/08).

Agenda ekspedisi yang digagas oleh ABC Regional III Bireuen dan Regional VI Pasee tersebut tidak tertutup untuk anggota blogger, melainkan kepada masyarakat umum yang memang peduli dengan nilai-nilai sejarah yang selama ini jarang diketahui publik.

Cik Nas juga menambahkan, untuk mencari informasi terkait situs-situs peninggalan kerajaan Samudra Pasai di Peusangan juga melibatkan rekannya T Kamal, yang merupakan salah satu akademisi di salah satu perguruan tinggi di Bireuen.

“Kita nantinya juga akan ditemani oleh salah satu teman dosen saya, T Kamal yang akan mendampingi blogger Aceh ke lokasi salah satu penemuan bukti sejarah Samudra Pasai di Peusangan,” ungkapnya.

Ekspedisi besok Minggu, akan dimulai dari pukul 8.00 WIB dengan titik poin pertama Masjid Jami’ Peusangan dan pada pukul 09.00 WIB dengan titik poin kedua di Masjid Kutablang.

Tertarik untuk bergabung dengan ekspedisi sejarah bersama teman-teman blogger Aceh? Anda bisa klik untuk informasi lebih lanjut di laman Facebook ABC(*/red)

KOMENTAR